Tim Peduli Sahabat

Tim Peduli Sahabat

Bermula dari kepedulian anggota OSIS MTs Fisabilillah terhadap kerapihan dan kedisiplinan para sahabatnya di sekolah, maka OSIS dan Para pengurus Eskul MTs Fisabilillah membuat suatu tim yang bertugas mengingatkan akan pentingnya kedisiplinan dan kerapihan di Sekolah. Tim ini ditugaskan memeriksa kerapihan pakaian, atribut, dan Al-qur’an yang wajib dibawa pada saat sahabat memasuki pintu gerbang MTs Fisabilillah sampai dengan  pada saat wudhu dan Sholat Dzuhur berjamaahdi Masjid. Seperti yang dikemukakan Pembina OSIS MTs Fisabilillah (Suhartono Setiawan, S.Pd.I) bahwa Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar dan mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Disiplin merupakan proses pendidikan dan pelatihan yang memadai, untuk itu guru memerlukan pemahaman tentang landasan Ilmu kependidikan akan keguruan sebab saat ini banyak terjadi erosi sopan santun dan erosi disiplin. Hal senada juga di kemukakan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan (Drs. H. Abd. Salam) tentang pentingnya disiplin memang penting untuk dilakukan. Karena sekolah merupakan tempat bagi generasi calon pemimpin bangsa menimba ilmu pengetahuan dan berinteraksi dalam dunia keilmuan. Disadari atau tidak oleh siswa, sekolah menjadi salah satu tempat pendadaran bagi mereka untuk belajartentang banyak hal agar kelak menjadi orang yang eksis dan sukses. 

Tim Peduli Sahabat

Disiplin menjadi salah satu faktor yang dapat membantu seseorang meraih sukses, tidak terkecuali disiplin pada siswa. mengemukakan bahwa tujuan disiplin sekolah adalah : (1) memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang, (2) mendorong siswa melakukan yang baik dan benar, (3) membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah, dan (4) siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya. Perilaku siswa terbentuk dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga dan sekolah. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah merupakan salah satu faktor dominan dalam membentuk dan mempengaruhi perilaku siswa. Di sekolah seorang siswa berinteraksi dengan para guru yang mendidik dan mengajarnya. Sikap, teladan, perbuatan dan perkataan para guruyang dilihat dan didengar serta dianggap baik oleh siswa dapat meresap masuk begitu dalam ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya kadang-kadang melebihi pengaruh dari orang tuanya di rumah. Sikap dan perilaku yang ditampilkan guru tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan siswa di sekolah. Semua bentuk ketidak disiplinan siswa di sekolah tentunya memerlukan upaya penanggulangan dan pencegahan.

Tim Peduli Sahabat


Beberapa usaha yang dapat dilakukan sekolah adalah;
1. Guru hendaknya bisa menjadi contoh dalam berdisiplin, misalnya tepat waktu. Siswa tidak akan memiliki disiplin manakala melihat gurunya sendiri juga tidak disiplin. Guru harus menghindari kebiasaan masuk menggunakan jam karet, molor dan selalu terlambat masuk kelas.
2. Memberlakukan peraturan tata tertib yang jelas dan tegas, sehingga mudah untuk diikuti dan mampu  menciptakan suasana kondusif untuk belajar
3. Secara konsisten para guru terus mensosialisasikan kepada siswa tentang pentingnya disiplin dalam belajar untuk dapat mencapai hasil optimal,  melalui pembinaan dan yang  lebih penting lagi melalui keteladanan.

Tim Peduli Sahabat

Tim Peduli Sahabat

Dengan adanya tim ini siswa yang tidak mematuhi tata tertib dapat diingatkan untuk segera merapihkan pakaian dan atributnya, jika tidak segera dirapihkan maka siswa tersebut langsung tercatat pada saat awal memasuki pintu gerbang dalam buku pelanggaran Tim Peduli Sahabat, kemudian langsung mendapat tindak lanjut penanganan oleh guru piket. Setelah berhadapan dengan guru piket, siswa yang tercatat namanya pada saat memasuki pintu gerbang mendapat sanksi dan tugas serta poin pelanggaran yang dicatat pada buku poin dan buku pelanggaran tata tertib BP/BK MTs Fisabilillah.

Semoga dengan dibentuknya Tim Peduli Sahabat ini kedisiplinan di MTs Fisabilillah dapat terpelihara mulai dari memasuki gerbang MTs Fisabilillah sampai meninggalkan gerbang MTs Fisabilillah.

Guru Piket

Guru Piket

3 thoughts on “Tim Peduli Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s