Memilih sekolah yang berkualitas

Oleh: Ardi Rohayadi, S.Pd.I

Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kita. karena dengan pendidikanlah yang akan membuka pintu masa depan kita. hal ini sejalan dengan salah satu tujuan nasional bangsa indonesia yaitu mencerdasakan kehidupan bangsa. berkaitan dengan pendidikan tersebut, sekolah merupakan satu-satunya tempat formal untuk melakukan proses pendidikan. selain sekolah, biasanya ada juga masyarakat yang memilih untuk melakukan proses belajar mengajarnya di rumah atau yang sering disebut sebagai home schooling. jika kita termasuk kategori yang menggunakan sistem pendidikan reguler di mana melakukan proses belajar mengajar di sekolah, ada baiknya jika kita mencermati beberapa hal terlebih dahulu yang berkaitan dengan sekolah tersebut untuk menilai kualitas dari sekolah yang akan kita jadikan sebagai tempat belajar mengajar. karena faktanya adalah sekolah yang berkualitas selalu menjadi incaran banyak murid baru agar mereka dapat bersekolah di sana mengingat manfaat yang akan mereka peroleh di bidang pendidikan dari sekolah tersebut. beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menyimpulkan jika sekolah yang kita pilih merupakan sekolah yang berkualitas antara lain;

1. Sekolah Sesuai dengan Aqidah dan memiliki reputasi yang bagus di mata masyarakat.

2. Memiliki peraturan sesuai syariah dan memberikan kualitas pelayanan pendidikan yang berkualitas.

3. memiliki biaya pendidikan yang menguntungkan, artinya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kualitas pendidikan yang diterima.

4. mampu menciptakan lulusan yang berkualitas dari segi keilmuan dan keterampilan.

5. banyak lulusannya yang diterima di jenjang pendidikan selanjutnya yang favorit.

6. tidak adanya kkn dalam proses penerimaan murid baru.

7. banyak murid dari sekolah tersebut yang berprestasi baik akademik maupun nonakademik.

8. memiliki tenaga pengajar yang berkredibilitas tinggi dalam bidang ajarnya.

9. memiliki cukup kegiatan ekstra kulikuler yang berkualitas di samping kegiatan akademis.

10. telah diakui sebagai sekolah standar nasional atau bahkan sekolah berstandar internasional.

11. memiliki sarana dan prasarana yang berkualitas dalam menunjang proses belajar mengajar.

12. jika sekolah swasta, telah terakreditasi a.

13. memberikan program bantuan berupa keringanan maupun penghapusan biaya pendidikan bagi murid dengan keluarga tidak mampu.

14. mampu menciptakan suasana di lingkungan sekolah yang kompetitif bersaing untuk maju antarsesama murid, pengajar, maupun pengurus sekolah.

15. mamberikan perhatian yang lebih kepada murid yang memiliki masalah pribadi dengan membantu mencarikan jalan keluar melalui konsultasi dengan bimbingan konseling.

secara umum dengan kita menempuh pendidikan di sekolah yang berkualitas akan sedikit banyak mendorong kita untuk lebih maju. jika kita memiliki potensi akademik yang bagus dan belajar di sekolah yang berkualitas, hal ini dapat diumpamakan seperti ” benih yang ditanam di lahan yang subur “. dan karena itulah dengan bersekolah di sekolah yang berkualitas akan sangat membantu dalam mengembangkan kualitas akademik dalam diri kita. sehingga, teliti sebelum membeli sangat dianjurkan bagi kita dalam memilih tipe sekolah berkualitas idaman kita.